3 Jenis Dan Penyebab Alergi Kulit Pada Anak

3 Jenis Dan Penyebab Alergi Kulit Pada Anak

Anak-anak merupakan sebuah anugerah pemberian Tuhan yang keberadaannya mesti kita jaga, termasuk dalam kesehatannya yang mesti kita rawat dan perhatikan. Namun jika anak sudah terlanjur sakit, maka kita sebagai orang tuanya mesti memberikan semangat kepada mereka untuk tidak menyerah. Ada beberapa penyakti yang biasa menyerang anak-anak, diantaranya adalah alergi kulit. Kulit anak yang masih sensitif tentunya akan mudah sekali terpengaruhi oleh penyakit, baik itu oleh goresan, kontak langsung, ataupun lewat makanan. Namun penyebab alergi kulit pada anak memang banyak sekali, hal tersebu dikarenakan sifat anak yang selalu aktif dan memiliki rasa ingin tahu dan mencoba berbagai hal sehingga mereka tidak menyadari bahwa aktivitasnya tersebut tidak semua baik.

Begitu pun juga dengan orang tua, tidak semua orang tua mengetahui penyebab alergi kulit pada anak. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti diketahui oleh orang tua terkait dengan penyebab dan beberapa jenis alergi kulit seperti :

  1. Alergi kulit dermatitis
    Alergi kulit ini umum di kenal oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai penyakit eksim. Penyakit ini disebabkan oleh adanya goresan pada kulit oleh benda-benda yang kotor dan terdapat banyak bakteri jahat. Penyakit ini biasanya banyak menyerang anak-anak, namun orang dewasa pun tidak luput dari penyakit ini. Bahkan yang lebih parah lagi jika penyakit eksim ini terbawa sampai dewasa yang tentunya dapat membuat anak menjadi minder dan tidak mau bergaul dengan anak lainnya karena memiliki penyakit kulit. Penyakit kulit memang sangat mengganggu dan biasanya menyerang bagian pipi, dada, punggung kaki, serta kulit kepala.
  1. Alergi kulit Angiodema atau pembengkakan
    Jenis alergi kulit ngiodema ini tidak menyebabkan gatal, namun terdapat benjolan atau pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti mata, tangan, kaki ataupun pada bibir. Reaksi dari penyakit ini yaitu rasa terbakar atau kesemutan pada bagian yang luka. Namun jika tidak segera ditangani, maka bisa mengancam jiwa penderitanya karena dapat menyebabkan sesak nafas.
  1. Alergi kontak dermatitis
    Alergi ini disebabkan oleh kontak langsung dengan kulit akibat menyentuh tanaman ataupun dari aksesoris yang dikenakan. Begitu pun juga dari pewarna rambut dan kosmetik yang sering banyak terjadi kasus yang menyababkan penderitanya menderita alergi kulit.

 

 

Share