3 Tahap Kebutuhan Dalam Manajemen Keuangan Keluarga

Membangun mahligai keluarga yang sakinah, mawadah serta warohmah bagi umat muslim adalah sebuah impian yang mesti diwujudkan. Dalam arti lain yaitu keluarga yang penuh dengan kesejahteraan, serba kecukupan dan dipenuhi dnegan rasa cinta dan kasih sayang sesama anggotanya. Keharmonisan sebuah rumah tangga dapat dikukur dari seberapa hebat anggota keluarga tersebut mengelolanya terutama kepala keluarga yang harus pintar terutama dalam manajemen keuangan keluarga yang mesti diprioritaskan.

3 Tahap Kebutuhan Dalam Manajemen Keuangan Keluarga

Dengan begitu maka impian untuk memiliki keluarga yang bahagia akan terwujud dan terjaga dengan baik. Dalam manajemen keuangan keluarga, yang diprioritaskan adalah mengelola kebutuhan dengan sebaik mungkin. Terdapat tiga jenis kebutuhan yang ada pada diri setiap orang termasuk keluarga yaitu :

1. Kebutuhan jangka pendek

Kebutuhan ini terdiri dari kebutuhan rutin setiap bulan yang selalu dilakukan seperti kebutuhan akan makanan, listrik, air dan yang lainnya. Kebutuhan jangka pendek ini merupakan kebutuhan yang paling utama karena menyangkut kehidupan kita. Banyak orang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya, terutama untuk kebutuhan yang satu ini.

Dalam mengatur kebutuhan jangka pendek mesti dilakukan dengan sebaik mungkin, karena dari sinilah kebutuhan yang lainnya dapat terpenuhi. Anda harus pintar mengelola kebutuhan tersebut dengan cara yang benar dan paling tepat. Namun yang terpenting adalah melakukan penghematan sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan yang selanjutnya.

2. Kebutuhan jangka menengah

Kebutuhan yang satu ini bisa direncanakan jika kebutuhan jangka pendek terpenuhi dan tidak selalu dibutuhkan setiap bulan. Beberapa contohnya yaitu kebutuhan akan kendaraan, liburan, rumah, pakaian, alat elektronik serta berbagai kebutuhan lainnya yang memiliki waktu yang tidak rutin. Kebutuhan ini bisa disebut kebutuhan nomor 2 karena bisa dilakukan ketika kebutuhan pertama yang rutin telah terpenuhi.

3. Kebutuhan jangka panjang

Kebutuhan ini memiliki nilai yang lebih tinggi serta nilai kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti kemewahan berupa tempat tinggal yang besar, ibadah haji, kendaraan mewah, investasi, serta hal lainnya yang bernilai cukup mahal. Karena nilainya yang tinggi, sehingga tidak semua orang bisa sampai pada tahap ini. namun setiap orang mesti memiliki impian untuk kebutuhan jangka panjang ini.

Share