5 fungsi yang seharusnya dimiliki oleh keluarga

5 fungsi yang seharusnya dimiliki oleh keluarga

Berbicara tentang keluarga pada dasarnya bisa dibilang adalah sebuah lingkungan dimana didalamnya merupakan kumpulan dari beberapa atau banyak orang yang masih mempunyai hubungan darah. Jika anda pernah tahu keluarga disini bukan hanya sekedar berkumpul, bukan hanya sekedar ada, namun juga memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi setiap individu. Selain itu didalamnya ada juga keterikatan, adanya kewajiban dan juga hak yang didapatkan, dan juga tanggung jawab atas sebuah peran didalam keluarga tersebut. Namun kali ini kita akan lebih membahas mengenai fungsi keluarga. Anda bisa membaca tentang hal tersebut berikut ini.

Fungsi yang seharusnya dimiliki oleh keluarga:

  • Fungsi pendidikan dimana seharusnya keluarga sebagai lingkungan yang mampu mengarahkan dan menunjukan jalan dimana seorang individu harusnya melangkah. Ketika fungsi ini tidak tersedia maka biasanya seorang individu akan tersesat dan tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana layaknya seorang individu yang sukses. Sebisa mungkin fungsi yang satu ini haruslah ada
  • Fungsi sosialisasi adalah dimana nantinya seorang anak belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan pertama kali ya di keluarga ini. Ketika keluarga dengan tepat mengajarkan bagaimana seharusnya seseorang bersosialisasi (dalam hal ini anak) biasanya nanti si anak akan tumbuh dengan baik dan tidak takut terhadap lingkungan.
  • Fungsi biologis, yang mana artinya keluarga adalah salah satu sarana atau cara untuk melanjutkan keturunan. Bertujuan untuk melanjutkan generasi, sehingga tidak terputus generasi tersebut saja, tapi terus berkembang.
  • Fungsi ekonomi dimana keluarga merupakan penyemangat bagi kepala keluarga, berupa motivasi dan alasan kuat untuk mencari nafkah. Mengatur penghasilan yang didapatkan dari aktivitas bekerja tadi untuk menghidupi semua anggota keluarga, dalam rangka menyediakan semua kebutuhan yang ada dirasa perlu dengan tetap mempertimbangkan sekala prioritas.
  • Fungsi agama bagi disini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan agama kepada seorang anak, mengajak bagian dari keluarga yang lainnya untuk belajar tentang keyakinan dan juga membagi waktu antara kebutuhan dunia dan akhirat nantinya. Sebisa mungkin fungsi keluarga yang ini juga dipertimbangkan jangan sampai terlewat.
Share