Bebaskan Si Kecil bermain untuk Proses tumbuh kembang anak

Bebaskan Si Kecil bermain untuk Proses tumbuh kembang anak

Proses tumbuh kembang anak memang akan membentuk perilaku si kecil ke depannya. Pertumbuhan anak sangat dipengaruhioleh lingkungan dini yaitu keluarga. Keluarga menjadi tempat belajar pertama bagi anak untuk mengenal dunia. Untuk itu ajarkan tentang segala hal pada si anak dan terutama hal-hal baik. Jangan membatasi si kecil yang sedang mengalami proses tumbuh dan berkembang. Biarlah anak berfikir dan berjalan sesuai fantasinya. Ibu hanya perlu mengarahkan dan melindungi kemana si kecil akan berjalan.

Gunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti si kecil. Hindari berkata “Jangan” karena anak hanya menangkap kata terakhir yang Anda ucapkan. Jika Anda mengatakan, “jangan menangis” yang ditangkap anak adalah kata menangis. Maka jangan heran jika anak Anda tidak berhenti, melainkan semakin kencang menangis.. Di samping itu, berikan rangsang berfikir pada anak biar anak bisa merespon dengan baik. Ajari si anak untuk berkata tiga hal di rumah yaitu terima kasih, maaf dan minta tolong. Jika terbiasa dididik dengan 3 kata ini dalam proses tumbuh kembang anak maka kelak anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang santun.

Berikan permainan-permainan yang dapat memicu kecerdasan dan kreatifitas anak Anda. Biarkan si kecil bermain yang dia sukai selagi tidak membahayakannya. Termasuk permainan-permainan yang membuatnya kotor. Apa yang akan didapat anak Anda dari kotor tersebut sangat banyak dan memiliki pengaruh besar pada anak Anda, tidak sebanding dengan dibandingkan usaha kecil Anda untuk memberihkan pakaiannya yang kotor. Cukup Anda rendam dengan detergen anti noda, misalnya Rinso, maka kotoran tersebut langsung hilang.

Artikel terkait: http://www.nutritiffood.com/2015/10/06/permainan-edukatif-untuk-tumbuh-kembang-anak-balita/

Share