Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Mungkin Bermanfaat Bagi Ibu Pemula

Kelahiran buah hati merupakan salah satu momen membahagiakan yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri. Namun dengan lahirnya buah hati, para ibu pasti akan mengalami kerepoan dalam hal memandikannya, terlebih bagi ibu pemula.

Berikut ini ada beberapa tips memandikan bayi baru lahir yang mungkin bermanfaat bagi anda

  1. Persiapkan keperluan yang akan digunakan untuk memandikan bayi anda. Alat tersebut meliputi ember, sabun bayi, sampo bayi, dan air hangat.
  2. Sebelum memandikkan buah hati anda, sebaiknya periksa suhu airnya terlebih dahulu. Anda bisa mencelupkan siku anda kedalam air. Gunakan suhu air kira-kira sekitar 36 hingga 37 derajat celcius. Memandikan bayi baru lahir dengan menggunkan air hangat sangatlah penting, hal ini berguna untuk membuat nyaman badan si bayi dan menyamakan suhu air dengan suhu badan bayi, sehingga bayi anda tidak akan merasa kedinginan.
  3. Bukalah baju bayi anda dengan perlahan-lahan. Setelah itu bungkus bayi anda dengan menggunakan handuk agar suhu badan bayi anda tetap hangat. Posisikan bayi anda pada pangkuan anda. Usapkan kain halus yang telah di basahi dengan air hangat pada area wajah bayi dan usapkan dengan halus. Hal ini dimaksutkan agar bayi tidak kaget dengan suhu bayi.
  4. Setelah itu masukkan bayi ke dalam ember yang sudah diberi air hangat. Basuh bagian tubuh bayi yang meliputi kepala, wajah, leher, dada, lengan, tangan, punggung, hingga tungkainya.
  5. Sabun bagian-bagian tubuh bayi dengan menggunakan sabun khusus untuk bayi. Anda bisa menggunakan sabun Zwitsal yang memiliki PH sesuai dengan kondisi bayi.
  6. Jangan lupa untuk mengeramasi rambut bayi anda. Gunakan pula sampo khusus bayi dari produk Zwitsal yang memiliki PH balance sehingga tidak membuat pedih mata bayi.
  7. Topang kepala bayi diatas ember. Bilas sisa busa sabun ataupun sampo yang menempel di tubuh bayi.
  8. Setelah itu angkat bayi dan bungkus dengan handuk agar tubuh bayi hangat. Berikan minyak kayu putih diseluruh bagian tubuh bayi dan bedaki diarea lipatan tubuh. Selanjutnya kenakan baju dan popok bayi, lalu ibu bisa mebedongnya agar suhu badan bayi lebih hangat.
Share