Cara Merawat Batik dengan Shampo dan Merica

Cara Merawat Batik dengan Shampo dan Merica

Batik menjadi kain asli Indonesia yang pantas dibanggakan. Sebagai salah satu warisan seni budaya dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO, maka kelestarian batik menjadi prioritas dan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negaraa Indonesia. Keindahan motif batik yang tentunya berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia tersebut tidak sedikit memunculkan niat orang untuk dapat memilikinya dan mengkoleksinya. Koleksi batik ternyata bukan hanya terjadi ketika batik sudah populer dan memasyarakat seperti saat sekarang ini, akan tetapi jauh-jauh hari orang Indonesia dulu sudah banyak yang menjadikan batik sebagai barang koleksinya. Apabila anda termasuk salah satu orang yang mengkoleksi berbagai macam jenis batik, satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah masalah perawatannya supaya batik yang anda miliki itu tetap awet meskipun sudah berusia lama. Teknik atau cara merawat batik yang benar dan tepat sangatlah mudah untuk dilakukan dimana tinggal ketelatenan dan kepedulian anda saja untuk melakukan bentuk perawatan tersebut.

Merawat batik penting untuk dilakukan mengingat batik tersebut merupakan jenis kain yang sangat memiliki perbedaan cukup kentara dengan jenis kain lainnya. Motif batik yang dituliskan dan diterakan dengan menggunakan malam memang membuat kenampakan motif yang terlihat nantinya memiliki kekhasan dan karakter yang kuat. Motif pada batik yang terlihat indah tersebut supaya tetap terjaga keindahan motifnya maka ada cara khusus yang perlu anda perhatikan terutama ketika anda akan mencucinya. Bentuk pencucian yang berbeda daripada jenis kain lainnya tersebut adalah salah satu bentuk atau cara merawat batik yang anda miliki supaya tetap awet dan memiliki kualitas motif yang tetap terjaga. Perbedaan tata cara mencuci batik itu satu diantaranya terlihat dari sabun cuci yang digunakannya.

Sabun untuk mencuci batik bukanlah detergen seperti yang dipergunakan untuk mencuci kain atau baju pada umumnya. Detergen dinilai kurang baik digunakan untuk mencuci batik karena larutannya terlalu keras untuk serat kain batik. Menggunakan shampoo sebagai larutan pencuci batik dianggap lebih baik karena dapat menjaga serat kain serta kualitas motif pada batik tersebut. Larutan shampo lebih lembut sehingga akan menjaga keawetan koleksi batik yang anda miliki. Selain dalam hal mencucinya, cara penyimpanan batik yang sudah bersih pun harus diperhatikan dengan baik. Supaya batik tidak mudah rusak walaupun disimpan lama dalam lemari anda dapat mempergunakan merica atau lada yang dibungkus dengan tisu sebagai pengganti kapur barus yang sangat tidak cocok digunakan untuk batik.

Share