Cara Tepat Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

Cara Tepat Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

Sebagai makhluk yang diciptakan Tuhan dengan akal dan pikiran, manusia juga dibekali nafsu sehingga dalam hidupnya selalu memiliki keinginan yang tiada batasnya. Manusia memiliki banyak keinginan dan tidak merasa puas untuk selalu memenuhi hasratnya tersebut. Akan tetapi, terkadang sebagian manusia tidak sadar bahwa untuk mencapai segala keinginan, dibutuhkan perjuangan yang keras dan sungguh- sungguh. Apalagi keinginan tersebut berbenturan dengan faktor ekonomi seperti hasrat untuk memiliki sesuatu yang mewah. Untuk memenuhinya, ada sebagian kecil orang yang menghalalkan segala cara. Tapi mereka yang sadar, akan berusaha dan membuat sebuah perencanaan keuangan pribadi yang terukur dan jelas.

Dalam membuat sebuah perencanaan keuangan pribadi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika anda ingin impian yang selama ini terpendam segera terwujud, diantaranya yaitu :

1. Perbanyak pintu pendapatan

Dalam hal ini anda mesti memiliki banyak pendapatan dengan cara membuka usaha baru. Sekarang ini banyak usaha yang dapat dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan pokok diantaranya dengan berbisnis online, berjualan pulsa, serta aneka usaha lainnya yang kini sedang marak dilakoni dan menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Namun jika anda sudah berkeluarga, maka usaha sampingan tersebut dapat anda kerjakan bersama istri anda atau saudara dengan system kerjasama.

2. Tuliskan pendapatan dan pengeluaran

Dalam satu bulan kita mesti memiliki laporan yang jelas mengenai pendapatan dan juga pengeluaran. Dengan begitu, maka di akhir bulan kita bisa mengevaluasi dan menemukan sesuatu yang membuat uang kita terus berkurang setiap bulannya. Disana kita dapat memperbaiki dan meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting. Untuk melakukan hal ini memang membutuhkan waktu dan ketekunan, tapi hasil dari yang kita kerjakan akan membuat perencanaan keuangan kita semakin membaik setiap bulannya.

3. Berhemat tapi tidak pelit

Terkadang banyak orang yang pelit dengan alasan mereka sedang dalam program hemat. Hal ini jelaslah bukan pemikiran yang bijak, karena sesungguhnya jika kita banyak memberi justru kita juga akan banyak menerima. Diibaratkan seorang petani yang banyak menanam, tentunya akan lebih banyak menuai hasilnya. Tetaplah menganggarkan sebagian uang kita untuk kita sedekahkan dan untuk hiburan bersama keluarga. Karena tidak dipungkiri bahwa kita mencari uang adalah untuk kepuasan kita. Dan salah satu kepuasan diri adalah ketika melihat orang lain senang dengan pemberian kita.

Share