Fasilitas Penunjang Mahasiswa Di IPB

Fasilitas Penunjang Mahasiswa Di IPB

Institut Pertanian Bogor Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) baru saja meluncurkan sebuah laboratorium yang diberi nama Sains Resource Center dan Fabrication Laboratory. Laboratorium yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan pelajar SMA di bidang sains ini terdiri dari berbagai fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran sains.

Fasilitas dari laboratorium Institut Pertanian Bogor ini terdiri dari Vinyl Cutter, Laser Cutter, 3D Printer, Milling Machine, Laptop yang dihibahkan oleh United Stated Agency for International Development serta Sparkfun. Fasilitas itu diharapkan dapat membuat proses belajar sains, teknologi, mesin, dan matematika menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Fasilitas-fasilitas tersebut pada akhirnya dapat digunakan oleh siswa untuk menciptakan kreasi berupa komponen mesin yang berskala industri, robot, dan masih banyak lagi. Kurikulum yang diterapkan dalam laboratorium ini diharapkan bisa sejalan dengan kurikulum yang ditentukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak hanya dekan FMIPA, namun juga perwakilan USAID yaitu Emmanuela Delva mengaku telah memiliki rasa optimum bahwa laboratorium ini dapat menjadi sarana bagi siswa untuk lebih memahami dan mengerti pelajaran dengan lebih mudah. Dan pelajaran yang dianggap sulit akan terasa sangat menyenangkan.

SMAN 13 Jakarta, SMA Kornita, dan SMAN 1 Kepanjen Malang merupakan beberapa sekolah yang menjadi model project USAID dalam program ini. Pihak perwakilan siswa dan guru mencoba untuk mendampingi staf FMIP IPB dalam study observation yang dilakukan di New York dalam rangka melihat secara langsung aplikasi alat-alat tersebut.

Share