Fungsi Keluarga Bagi Perkembangan Anak.

Fungsi Keluarga Bagi Perkembangan Anak.

Keluarga merupakan semua orang yang berada dalam pada satu garis keturunan melalui ikatan pernikahan. Sosok keluarga yang lengkap terdiri dari orang tua, dan anak-anaknya. Orang tua merupakan panutan dan bagian terpenting yang memegang peran dalam berlangsungnya perkembangan anak. Untuk itu perlu adanya pengetahuan mengenai apa saja peran dan fungsi keluarga yang sebenarnya teruntuk orang tua yang ingin perkembangan anaknya tidak mengalami hambatan yang berarti.

Baca juga : Membentuk Keluarga Sakinah

                   Fungsi Keluarga Bagi Seorang anak

Gizi Dalam Keluarga

fungsi keluarga

Fungsi yang pertama adalah memberikan makanan, minuman yang sehat untuk setiap anaknya. Orang tua harus melengkapi kebutuhan anak sehari-hari terutama mengenai makanan dan minuman yang sehat untuk anak. Tentu setiap orang tua menginginkan anaknya selalu sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Maka asupan makanan dan minuman memegang peran penting untuk berlangsungnya proses perkembangan anak. Pilihlah menu makanan yang mengandung nutrisi yang di butuhkan tubuh anak sesuai pada usianya.

Penting sekiranya diperhatikan ketimbang anak masih duduk di bangku sekolah, untuk menyediakan bekal makanan anak dari rumah ketimbang anak harus jajan di luar. Sebab semakin banyak makanan dan minuman yang beredar di sekeliling sekolah justru malah membahayakan kesehatan anak, seperti penggunaan MSG yang berlebihan, kualitas beras ataupun makanan dan minuman instan yang tidak legal.

Pendidikan Dalam Keluarga

fungsi keluarga untuk menunjang pendidikan

Selanjunya fungsi keluarga mengenai pendidikan. Usia kanak-kanak merupakan waktu yang paling tepat bagi anak Anda untuk mengembangkan kemampuan otaknya. Maka orang tua harus mengajarkan anaknya mengenai segala sesuatu yang memang penting dan baik untuk dipelajari anak. termaksud di dalamnya orang tua harus memberikan pembelajaran bagaimana anak harus bersikap yang baik serta mengajari budaya yang berada di lingkunagan sekitar. Bila memilki bahasa daerah sebaiknya anak juga di ajarkan, dengan tujuan anak dapat dengan mudah bersosilisasi di lingkungan tempatnya berada.

Anda dapat memberikan pengajaran kepada anak anda dimanapun dan kapan pun, misalkan di ruang tamu. Ini bisa menjadi salah satu tempat yang favorit bagi keluarga. Saat kumpul bersama Anda misalkan sebagai orang tua bisa memberikan nasihat dengan cara yang ringan kepada anak Anda, belum lagi bila Anda sebelumnya menghias ruang tamu anda agar terlihat nyaman dan menyenangkan.

Kenyamanan Dalam Keluarga

fungsi keluarga untuk kenyamanan

Keluarga juga harus memberikan rasa aman dan nyaman untuk anaknya. setiap anak pasti membutuhkan rasa aman dan juga nyaman di dalam dirinya. Karena memang pada hakikatnya seorang anak membutuhkan sosok orang tua yang siap sedia melindunginya di rumah. Cara agar seorang anak merasakan aman dan juga nyaman saat berada di dalam rumah adalah orang tua harus mencurahkan perhatian kepada setiap anaknya di dalam rumah. Jika tidak kemungkinan besar anak akan lebih memilih berada di luar rumah dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Sedangkan Anda tidak dapat menjamin bagaimana pergaulan anak diluar sana apakah baik atau buruk bagi perkembangan anak Anda.

Semua peran keluarga tadi dapat berjalan dengan baik jika Anda selalu berusaha membagi waktu serta menemani perkembangan anak Anda sesuai pada usianya. Anda juga harus menyediakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan mengajak anak Anda berbincang-bingcang mengenai kegiatan yang telah ia lakukan. Cara tepat agar mengumpulkan anggota keluarga Anda adalah dengan menyediakan minuman hangat beserta makanan ringan yang menarik perhatian anak Anda. misalnya Anda dapat menghidangkan beberapa cangkir teh SariWangi dan beberap macam makanan kesukaan keluarga Anda dan menghabiskan waktu bersama-sama.

Share