Fungsi Keluarga Bagi Seorang Anak

Fungsi Keluarga Bagi Seorang Anak

Fungsi Keluarga Bagi Seorang Anak – Keluarga adalah benih akal penyusunan kematangan individu dan struktur kepribadian anak. Fungsi keluarga sangatlah vital untuk membentuk kepribadian seorang anak. Pasalnya, anak-anak mengikuti orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku. Dengan demikian, keluarga adalah elemen pendidikan lain yang paling nyata, tepat dan amat besar pengaruhnya. Keluarga merupakan salah satu elemen pokok dalam membangun pendidikan anak, menciptakan proses sosial, serta member kebiasaan baik pada anak-anak yang dampaknya akan bertahan lama melekat pada diri anak tersebut. Oleh karena itu, keluarga harus bisa menjadi tempat untuk pulang bagi anak.

Fungsi Keluarga Bagi Seorang Anak

Untuk menciptakan situasi yang nyaman dalam keluarga, keharmonisan keluarga harus tetap dipertahankan. Untuk menjaga keharmonisan tersebut, sangat diperlukan komunikasi yang baik antar sesama anggota keluarga. Dengan komunikasi yang baik, keluarga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi seorang anak untuk pulang dan tempat terakhir ia akan bersandar dari masalah-masalahnya. Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan memunculkan lebih banyak konflik dalam keluarga. Konflik yang berkepanjangan akan merusak fungsi keluarga sebagai tempat berlindung. Anak yang mengalami banyak konflik di keluarganya akan lebih sering keluar rumah karena ia tidak merasa nyaman dalam rumahnya sendiri. Jika hal ini dibiarkan, anak lama kelamaan menjadi acuh dan tidak peduli dengan keluarganya.

baca juga : Menelisik Lebih dalam Manfaat Pendidikan Usia Dini Pada Anak

Ketidakpedulian anak terhadap keluarga akan berdampak buruh bagi perilakunya dimasyarakat. Ia bisa menjadi tidak terkontrol, bisa juga menjadi penakut. Jika anda tidak ingin anak anda berakhir seperti itu, anda harus menjaga keharmonisan keluarga anda. Tanamkan sifat respect terhadap keluarga pada diri anak sejak dini. Caranya yakni dengan memberinya kasih sayang. Kasih sayang yang diberikan bukan berarti anda harus memanjakannya secara berlebihan. Anda hanya perlu mendukung apa yang anak suka, memberi peringatan jika ada bahaya, serta memberinya perlindungan sebagai fungsi keluarga yang utama. Setiap masalah sebaiknya segera dibicarakan, ciptakan suasana yang tenang ditemani dengan secangkir teh Sariwangi dengan aroma melati dan rasanya yang menenangkan. Jaga terus komunikasi dalam keluarga agar mental anak dapat tumbuh dengan baik.

Share