Hemas Energi Listrik dan Air Saat Mencuci Pakaian

Kegiatan sehari-hari memang sulit dijauhkan dengan listrik dan juga air. Namun, pemakaian energi listrik ataupun air yang berlebihan bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk lingkungan dan juga kelangsungan hidup di masa mendatang. Bukan hanya itu saja, penggunaan energi listrik dan air yang berlebih tentu membutuhkan biaya yang dikeluarkan lebih juga, dan hal itu memberikan dampak yang kurang baik pada keuangan anda.

Hemas Energi Listrik dan Air Saat Mencuci Pakaian

Salah satu peralatan elektronik di rumah dan sering untuk dipakai dan juga meringankan pekerjaan rumah adalah mesin cuci. Mesin cuci merupakan alat elektronik yang memerlukan listrik dan juga air, oleh sebab itu, para ibu yang biasanya melalukan kegiatan mencuci pakaian harus bisa hemat energi listrik dan juga air. Beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai upaya hemat energi listrik dan air ketika mencuci pakaian menggunakan mesin cuci antara lain adalah sebagai berikut.

 

  1. Pakai Mesin Cuci Hemat Energi Listrik dan Air

 

Jika anda baru akan membeli mesin cuci, pilihlah yang hemat tenaga listrik dan air, dimana mesin cuci yang demikian tersebut akan memerlukan daya yang kecil saat beroperasi. Pemilihan mesin cuci yang tepat tentu adalah satu upaya anda untuk menghemat listrik dan air.

 

Kurangi Jumlah Pakaian yang Dicuci

 

Mengurangi jumlah pakaian pun menjadi satu langkah untuk menghemat listrik dan air. Bahkan juga menghemat deterjen. Jangan terlalu sering juga untuk mencuci. Paling tidak tiga kali dalam seminggu atau mungkin seminggu sekali. Pastikan juga bahwa muatan mesin cuci dengan jumlah pakaian yang dicuci seimbang. Jangan paksakan untuk mencuci pakaian yang bayak pada mesin cuci yang memiliki ruang kecil. Sesuaikan juga detergen yang anda pakai. Anda bisa memakai Rinso Matic yang sudah diformulasikan khusus untuk mencuci memakai mesin cuci

 

Mengatur Durasi dan Temperatur Secara Tepat

 

Satu upaya lagi dalam menghemat listrik dan air saat mencuci adalah mengatur durasi serta temperatur mesin cuci secara tepat. Untuk pakaian yang tak terlalu kotor, atur waktunya singkat saja. Gunakan temperatur rendah pula, misal 30 derajat saja.

Share