IPB Juga Cetak Ahli Komunikasi

IPB Juga Cetak Ahli Komunikasi

Di sekitar taman yang ada di dekat Kampus Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB), sering kali kita melihat aktivitas para mahasiswa IPB yang sedang mencari objek untuk bahan bidikan foto dan video. Bogor sebagai kota sejuta taman, tentu sangat pas bagi para mahasiswa Program Keahlian (PK) Komunikasi Diploma IPB sebagai laboratorium lapang. Tidak hanya fotography yang dipelajari di PK Komunikasi, tapi juga dipelajari tentang advertising, cinematography, siaran radio, event organizer, desain graphis, dan broadcasting. Dalam mendukung aktivitas kuliahnya, para mahasiswa ini didukung dengan lab fotografi, lab multimedia, dan lab komputer.

Sebagai uji coba, hasil praktik mahasiswa berupa film, foto, dan advertising disarankan untuk mengunggahnya di mediasosial. Hasil karya mereka tak kalahkeren dibanding karya fotographer atau produser profesional. Media sosial juga mereka jadikan untuk sharing ilmu dan peningkatan keahlian yang mereka dapat di bangku kuliah. Oya, bobot persentase kegiatan kuliah di Program Diploma IPB yaitu 40 persen kuliah dan 60 persen praktikum. Jadi, kuliahnya hanya sebentar, diperbanyak di praktikumnya.

Asri Ayu Nuryani, salah satu mahasiswa PK Komunikasi Diploma IPB berujar tentang mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi yang ia peroleh. Menurutnya, mata kuliah ini bakal menjadi mata kuliah siapa saja yang masuk PK Komunikasi.“Tugas kita di mata kuliah ini cuma ngobrol, role play (main peran), games, curhat dan nonton film,” ujarnya senang.

Ia mengatakan, di awal pertemuan, dosen akan meminta mahasiswa untuk ngobrol dengan teman sekelas, mulai dari topik ringan yang tidak ditentukan, sampai topik-topik berat yang ditentukan oleh dosen. Selain itu, mahasiswajuga bakal dapat tugas bermain peran. Dalam bermain peran, mahasiswa harus total, tidak boleh setengah-setengah. “Kalau tidak, nilaimu taruhannya. Saya ingat, terakhir role play saya berperan menjadi cewek Malaysia dan berbahasa Melayu pastinya. Untuk ini, usaha saya adalah berhari-hari nonton Upin-Ipin agar bisa belajar bahasa Melayu. Hasilnya, lumayan bagus, kata teman-teman,”ungkapnya.

Games! Ini juga seru, tapi tidak asal main saja ya.. Games ini berdasarkan teori komunikasi juga tentunya. Para mahasiswa di PK ini juga bakal mendapat tugasuntuk saling curhat dan saling memberikan saran pada teman. Untuk lapangan pekerjaan, tidak perlu khawatir. Lulusan PK Komunikasi dapat bekerjadi perusahaan yang bergerak dibidangmedia massa, baikcetak maupun elektronik; instansi pemerintah dan swasta di bidang komunikasi dan informasi; bisa juga buat wirausaha bisnis komunikasi.

KoordinatorPK Komunikasi Diploma IPBDr. Wahyu Budi Priatna mengatakan, lulusan PK Komunikasi memiliki kemampuan dalam komunikasi, kreatif dan terampil dalam mendukung kelancaran sistem komunikasi dan informasi. Para tenaga ahli madya ini, tambahnya, memiliki keterampilan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan serta mampu menangani teknik-teknik produksi pada bidang komunikasi.

Share