Istana Maimum, Objek Wisata Sejarah di Medan

Istana Maimum, Objek Wisata Sejarah di Medan

Istana Maimum, Objek Wisata Sejarah di Medan

Pintarnulis.com – Medan merupakan satu kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata cukup besar. Banyak orang dari luar kota yang menjadikan Medan tujuan berlibur lantaran memang banyak sekali objek wisata di Medan yang dapat ditemui. Bukan cuman terkenal dengan wisata alam yang banyak di Sumatera Utara, Medan juga punya wisata budaya dan sejarah. Nah, salah satu wisata budaya yang terkenal di kota berjuluk Melayu Deli ini adalah Istana Maimun. Akan sangat disayangkan jika anda memiliki kesempatan datang ke Medan tapi tidak berkunjung ke Istana Maimun. Letak obyek wisata sejarah yang satu ini sendiri berada di Jl. Brigjen Katamso Kota Medan. Banyak hal menarik yang bisa anda temui saat datang ke Istana Maimun. Bagunan yang kental dengan arsitektur ala Eropa akan memberikan kesan menarik.

Menengok sedikit sejarahnya, Istana Maimun dirancang oleh arsitek dari Italia yang kemudian di tahun 1888 dibangun oleh Sultan Deli, Makmum Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Luas bangunannya adalah 2.772 meter persegi. Tempat wisata di Medan yang penuh dengan sejarah ini telah menjadi destinasi yang populer bukan karena bangunan yang sudah berdiri sangat tua saja, akan tetapi karena desainnya yang sangatlah menarik membuat orang pun terkesan untuk datang dan berkeliling ke Istana Maimun ini. Anda akan menemui sebuah bangunan yang punya kesan unsur budaya Melayu dan gaya Islam dengan perbaduan desain khas Spanyol, Italia dan juga India. Suasana halaman Istana Maimun juga menarik, hijau dan sejuk. Istana Maimun punya bangunan 2 lantai yang terbagi menjadi 3 bangunan, antara lainnya bagian induk, sayap kiri, dan juga sayap kanan.

Kemudian menariknya dari bangunan Istana Maimun ialah jendela dan pintu yang tinggi serta lebar. Lalu terdapat lengkungan di atap bersama ketinggian yang mencapai 5 hingga 8 meter. Lengkungan dari bangunan obyek wisata di Medan yang satu ini bagaikan pergu yang terbalik, atau yang lebih dikenal dengan pilar lengkungan persia seperti yang populer di Turki, India ataupun Timur Tengah. Kesan Eropanya terletak pada perabotan-perabotan yang terdapat di istana. Nah, karena bangunan dari Istana Maimun yang unik dan menarik ini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen disini dalam jepretan foto.

Baca juga: Tips diet sehat alami dan mudah

Share