Kisah cinta sejati : Tips mengajarkan anak bersikap sopan

Kisah cinta sejati : Tips mengajarkan anak bersikap sopan

Kisah cinta sejati mengharukan dapat anda lakukan untuk mendidik anak anda dalam bersikap. Sebagai orang tua tentunya anda menginginkan anak – anak anda untuk tumbuh dengan sehat dan berperilaku yang baik serta memiliki sikap sopan terhadap orang lain. Keinginan anda sebagai orang tua untuk memiliki anak tumbuh dengan sikap sopan akan membuat keadaan keluarga anda akan harmonis dan bahagia. Selain itu anak yang memiliki sikap yang sopan akan mampu bertahan di dalam masyarakat yang selalu mengutamakan sikap toleran satu sama lain.

Kisah cinta sejati : Tips mengajarkan anak bersikap sopan

Dalam menumbuhkan etika atau sikap sopan kepada anak dapat dilakukan sejak dini kepada mereka. Hal ini dapat dilakukan karena anak akan cenderung meniru perbuatan anda sebagai orang tuanya. Tentunya untuk menumbuhkan sikap sopan terhadap anak memerlukan tips untuk mengajarkan anak bersikap sopan. Beberapa hal yang dapat anda contohkan di dalam kehidupan sehari – hari kepada anak sebagai langkah untuk mengajarkan etika yang baik kepada anak seperti :

  • Tolong. Selalu ucapkan kata “tolong” saat menyuruh anak untuk melakukan sesuatu. Kata “tolong” memiliki fungsi sebagai pemberitahu anak bahwa mereka tidak perlu melakukan hal yang berlebihan, seperti dengan berteriak ketika menyuruh untuk melakukan sesuatu hal.

  • Terima kasih. Ucapkan terima kasih setelah anak memberikan pertolongan kepada anak. Jika anak sering melihat anda mengucapkan kata “terima kasih” setelah menerima bantuan atau menerima hadiah, maka anak akan mengikuti anda untuk mengucapkan kata tersebut kepada anda atau orang lain yang telah membantu atau  memberikan hadiah kepada mereka.

  • Sama-sama / terima kasih kembali. Dengan kata tersebut anak akan melakukan komunikasi secara positif dan memberi respon baik kepada lawan bicaranya setelah mengucapkan kata “terima kasih” kepada mereka.

  • Maaf. dengan menguaokan kata tersebut anda akan memberikan contoh kepada anak jika mereka berbuat salah kepada orang lain maka mereka akan mengucapkan kata “maaf” seperti halnya anda sebagai panutannya.

Ketika waktu senggang usahakan untuk berkumpul bersama mereka seperti luangkan waktu untuk bermain bersama atau santai bersama dengan hidangan teh. Jangan lupa untuk selalu memilih teh yang berkualitas seperti sariwangi yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi.

Share