Manfaat Membaca Cerita Pendek Anak Yang Harus Diketahui

Manfaat Membaca Cerita Pendek Anak Yang Harus Diketahui

Di zaman modern seperti sekarang ini hampir semua kegiatan sehari-hari tak lepas dari pengaruh gadget berteknologi canggih. Hal ini membuat secara perlahan buku dan mainan mulai ditinggalkan. Anak-anak lebih akrab dengan smartphone mereka daripada membaca buku cerita dan mengagumi ilustrasi warna-warni yang ada didalamnya. Bagi anak, yang mengikuti kemajuan teknologi itu penting. Akan tetapi Membaca cerita juga sama pentingnya cerita penuh imajinasi memiliki peran penting dalam perkembangan mental anak serta waktu terbaik untuk mendorong anak membaca.

Berikut manfaat dari membaca cerita pendek anak yang dapat diketahui

• Belajar bahasa

Dari sisi pendidikan membaca cerita pendek atau cerita pada umumnya memiliki manfaat untuk membantu mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis anak. Karena cerita kaya akan sumber daya bahasa. Anak-anak akan mendapatkan kata-kata baru. Dan apabila anda membacakan cerita pendek anak, Anda dapat membantunya menyerap bahasa dengan cara membiasakan mereka dengan suara.

Membaca cerita dapat bermanfaat dalam proses belajar anak. Jika anak Anda masih balita atau prasekolah perkenalkan kepada mereka buku cerita anak bergambar atau cerita pendek lainnya. Cara ini membantu anak untuk memahami konsep, warna, bentuk dan ukuran suatu benda.

• Mengembangkan imajinasi

Saat membaca cerita anak, anak akan membawa karakter dari sebuah cerita ke dalam imajinasinya sendiri. Hal ini membuat mereka dapat belajar memahami ide – ide dan konsep untuk latihan berimajinasi. Sehingga anak-anak akan mendapatkan bekal saat mereka dewasa dalam mempelajari bagaimana cara menggunakan imajinasi dengan tepat.

• Dapat mengembangkan moral anak

Nilai dan moral dalam pelajaran sains atau matematika. Membaca cerita cerita pendek penuh moral seperti cerita pendek atau dongeng adalah cara yang lebih baik untuk menanamkan nilai-nilai yang baik dengan contoh. Anak-anak dapat belajar berbagi, bersikap jujur dan kasih sayang terhadap sesama.

• Membantu mengatasi situasi dan perasaan

Banyak sekali cerita dan novel anak-anak ditulis berdasarkan pengalaman pada kehidupan nyata. Dengan begitu anak-anak akan mampu menghadapi karakter yang mirip maupun berbeda. Dari membaca cerita anak-anak, mereka menjadi lebih siap menghadapi berbagai situasi yang terjadi dalam kehidupan. Karena mereka sadar bahwa mereka tidak sendirian.

Share