Masih Melakukan 4 Hal Ini? Jangan Ambil Rumah KPR Dulu

Masih Melakukan 4 Hal Ini? Jangan Ambil Rumah KPR Dulu

Meskipun perekonomian sekarang sedang lesu, namun nyatanya bisnis properti terus berkembang. Ini terlihat dari banyaknya rumah KPR yang disediakan oleh banyak pengembang, termasuk juga dari Perumnas. Bahkan banyak yang rela mengantri demi mendapatkan rumah dengan KPR bersubsidi yang ditawarkan pengembang tersebut. Dengan adanya subsidi tersebut, maka pembeli hanya perlu membayar nyaris separuh dari biaya rumah. Siapa yang tak tergoda?

Masalahnya, yang namanya hunian KPR tetap saja membuat Anda harus membayar setiap bulannya. Kalau Anda memenuhi persyaratan untuk mendapatkan KPR subsidi, maka besar kemungkinannya gaji Anda juga tak terlalu besar. Meski cicilannya lebih murah daripada rumah biasa, namun kalau Anda tak pandai-pandai mengaturnya, Anda sendiri yang akan kesusahan membayarnya setiap bulan.

Jadi, masihkah Anda melakukan hal berikut ini? Kalau iya, jangan ambil Rumah KPR dulu:

  1. Kondisi gali lubang tutup lubang

Kalau Anda masih dalam kondisi seperti ini, dengan hutang bertumpuk di sana-sini dan berhutang lagi demi membayar yang lainnya, sebaiknya jangan ambil KPR. Bisa-bisa Anda bakal semakin stress bayar cicilan rumah.

  1. Masih belum ada prioritas kebutuhan

Anda masih sering lapar mata, sering langsung membeli jika ada barang yang diinginkan, dan tidak memikirkan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Yakin bisa bayar cicilan rumah dengan kondisi seperti ini?

  1. Tidak tahu jumlah pengeluaran

Anda tahu berapa gaji Anda, tapi berapa yang biasanya Anda keluarkan setiap bulan? Anda tak pernah mendokumentasikannya, tak pernah mencatat dan menghitungnya kembali. Jadi bagaimana bisa disiplin membayar cicilan?

  1. Tak ada target

Kalau Anda masih tak ada target untuk misalnya melunasi rumah di umur sekian, punya usaha di usia sekian, dll. sebaiknya jangan dulu beli rumah. Atur hidup Anda dulu.

Membeli rumah KPR memang mudah dan enak, apalagi jika Anda membeli dari Perumnas yang memang memberikan fasilitas lebih bagi rumah sederhana. Tapi kalau Anda sendiri belum siap secara mental dan finansial, seberapa pun ringannya biaya yang harus ditanggung per bulan tak akan bisa Anda lakukan. Lakukan planning, atur keuangan Anda, dan lunasi hutang-hutang yang ada dulu, baru membeli rumah.

Share