Membuat Toko Online Tipe B2C? Ini yang Harus Diperhatikan!

Membuat Toko Online Tipe B2C? Ini yang Harus Diperhatikan!

Dalam bisnis e-commerce terdapat beberapa jenis tipe bisnis dan salah satunya adalah B2C atau business to consument. Tipe bisnis ini memiliki keterbukaan untuk umum termasuk informasi mengenai barang yang dijual. B2C memiliki keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis bisnis e-commerce yang lainnya dan salah satunya adalah pembeli dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Agar kelebihan dari B2C dapat diperoleh dengan maksimal, terdapat beberapa yang harus diperhatikan dalam pembuatan toko online.

Pertama adalah masalah produk yang akan Anda jual. Sebaik apapun toko online yang Anda miliki dilihat dari design atau interface-nya, jika produk yang Anda jual tidak memiliki kualitas yang baik dan memiliki nilai jual, pembuatan online shop tersebut akan sia-sia. Pengelolaan terhadap produk yang dimiliki tersebut juga harus dilakukan dengan baik sehingga ketika barang masih dalam jumlah yang banyak, Anda tetap dapat menjual barang tersebut misalnya dengan memberikan diskon, namun tetap memberikan Anda keuntungan walaupun tidak terlalu banyak.

Jika Anda telah memiliki produk yang akan dijual dan Anda yakin terhadap kualitas yang Anda miliki, maka langkah selanjutnya adalah menampilkan produk tersebut. Hindari penggunaan foto yang bukan dari barang yang Anda jual misalnya mengambil dari hasil gambar orang lain yang ada di Internet. Pemasangan produk asli sangat menentukan kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan terhadap toko online Anda. Buat agar produk Anda terlihat menarik dan berikan spesifikasi yang sesuai dengan produk tersebut.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan toko online untuk tipe B2C yaitu:

  • Marketing misalnya dengan menggunakan teknik SEO. Jika Anda tidak dapat mengelola sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pihak yang ahli dalam bidang SEO misalnya Partner Iklan karena dengan marketing yang baik akan membantu dalam peningkatan customer dan peningkatan pendapatan.
  • Pelayanan yang tidak hanya mencangkup mengenai masalah pelayanan langsung terhadap pelanggan misalnya lewat customer service namun juga lewat pemaksimalan fitur yang ada dalam toko online yang Anda miliki.
Share