Pekan Migrasi Pemutakhiran dan Integrasi Data IPB

Pekan Migrasi Pemutakhiran dan Integrasi Data IPB

Pemutakhiran dan integrasi data sangatlah penting dan wajib dilakukan oleh setiap perguruan tinggi sebagai institusi besar yang memiliki integritas tinggi. Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, IPB (Institut Pertanian Bogor) juga baru saja menjalankan Pekan Migrasi, Pemutakhiran dan Integrasi Data pada tanggal 11 hingga 15 Januari 2016 silam. Acara ini diselenggarakan di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga Bogor oleh Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi atau DIDSI IPB. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran aktivitas perolehan data dan lain sebagainya yang dilakukan oleh IPB.

Menurut rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, pemutakhiran dan integrasi data sangatlah penting dan wajib dilakukan. Adanya integrasi data dan pemutakhiran yang dilakukan dapat mempermudah sivitas atau stakeholder dalam mendapatkan data terbaru yang berkaitan dengan Tri Dharma Institut Pertanian Bogor. Selain itu, adanya pemutakhiran dan integrasi data juga dapat memudahkan koordinasi dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat. Sivitas akan lebih mudah dalam membuat laporan dan stakeholder yang memanfaatkan website dalam mengambil data IPB semakin banyak karena IPB merupakan sebuah institusi yang besar.

Berbagai macam data yang diintegrasi dan dimutakhirkan dalam Pekan Migrasi meliputi seluruh data yang ada di IPB. Kegiatan pemutakhiran hari pertama dimulai dari data-data kepegawaian dan kemahasiswaan. Data tersebut dilanjutkan dengan data akademik, mulai dari data akademik D3, S1, S2, S3, Sekolah Bisnis dan lain sebagainya. Ada juga data terkait keuangan semua unit kerja yang ada di IPB dan harus dimutakhirkan. Lewat kegiatan Pekan Migrasi Data IPB, diharapkan seluruh data dan informasi mengenai berbagai website unit kerja bisa terupdate dengan baik dan optimal.

Begitu pula yang disampaikan oleh wakil rektor di bidang Sarana dan Bisnis IPB (Institut Pertanian Bogor), Dr. Arif Imam Suroso. Beliau mengatakan bahwa kegiatan migrasi, pemutakhiran dan integrasi data yang dilakukan di IPB ini dilakukan untuk mendorong dan mengawal setiap kinerja IPB secara menyeluruh. Mekanisme pemutakhiran data pun dijelaskan oleh Direktur DIDSI, Dr. Idat Galih Permana pada kesempatan tersebut.

Baca Juga : Mengkaji Lambang Bendera IPB

Share