Pentingnya Pelukan Orang Tua terhadap Anak

Psikologi Anak

Pentingnya Pelukan Orang Tua terhadap Anak

Pintarnulis.com – Pada hakikatnya, menjalin hubungan dekat antara orang tua dan anak amat penting. Berdasarkan penelitian dari mayoritas para ahli, bahwa banyaknya orang tua memberi waktu yang banyak dan lama untuk pendekatan pada anak itu amat penting untuk menjaga rasa kasih dan sayang diantara ibu dan anak. Sehingga dari sini rasa harmonis tetap ada. Akan tetapi tak dapat dipungkiri bahwa renggangnya hubungan ibu dan anak seringkali terjadi karena suatu hal. Misalnya karena pekerjaan, perekonomian keluarga, atau kesibukan yang mendesak lainnya. Tentu ini akan membuat psikologi anak berkembang tak sesuai harapan. Bila telah terjadi perkara seperti ini, sebaiknya orang tua meluangkan waktu bersama keluarga, terutama kepada anaknya. Minimal orang tua bisa memeluk anaknya.

Ternyata hanya pelukan orang tua terhadap anak memberi manfaat yang besar, yakni dapat memperkuat ikatan batin dan memberi pengaruh baik pada psikologi anak.  Saat berpelukan, terjadi munculnya hormon endomorfin yang bermanfaat menurunkan stres atau ketegangan saraf dan tekanan pada darah. Bahkan berdasarkan data penelitian dari University of Italy, bahwa seorang anak yang dipeluk oleh orang tuanya akan cepat sembuh dari penyakit depresi secara efektif, dan menjadi semakin percaya diri terhadap segala yang ia hadapi.  Bahkan ketika pelukan didapati sejak bayi, terjadi transfer berupa mikroorganisme yang memperkuat daya tahan tubuhnya. Kalau pun dilanjutkan hingga masa kanak – kanak akan sulit untuk stres berdasarkan pula penelitian dari Journal of Epidermiology and Community Health.

Sempatkan waktu hanya untuk memeluknya terhadap anak saja, peluklah dengan rasa kasih sayang yang tinggi dari hati ke hati. Penuhi cinta dari orang tua kepada anaknya meski harus ditengah kesibukan yang banyak menyita waktu senggang. Bahkan berilah saat masih tertidur, karena saat itu pun anak masih memancarkan gelombang alpha berupa rangsangan dan getaran cinta terhadap orang tuanya. Karena amat penting bagi kita untuk terus menjaga kasih sayang dan cinta semacam ini terhadap orang – orang yang paling dicintainya, terutama keluarga. Apa jadinya bila tiada kasih sayang di kehidupan ini ? Hidupnya pasti tidak berjalan baik, kan ? Info lebih lanjut mengenai psikologi anak, dapat mengunjungi di website Sariwangi – Mari Bicara yang dapat diakses di komputer atau smartphone.

Baca juga: Tips Kebersamaan di Sela Kesibukan

Share