Pengertian Keluarga : Membentuk keluarga sakinah

Pengertian Keluarga : Membentuk keluarga sakinah

Pengertian Keluarga : Membentuk keluarga sakinah – Pengertian keluarga adalah suatu bagian terkecil atau paling kecil dari masyarakat. Bahkan keluarga ini menjadi sebuah tolak ukur dalam suatu masyarakat sehingga keluarga di rasa sangat penting untuk membentuk masyarakat tersebut. Semakin keluarga memiliki pemahaman yang baik maka akan membentuk masyarakat yang baik pula tentu ada beberapa faktor yang harus di dukung yaitu lingkungan yang baik pula. Makanya pembelajaran awal bagi anak – anak kita yaitu lewat pembelajaran orang tuanya. Namun sebelum memberikan pembelajaran yang baik maka sikap dan prilaku orang tua tersebut haruslah di baik dulu. Seandainya belum begitu baik maka berusaha dengan baik untuk merubah sikap dan prilaku tersebut.

Pengertian Keluarga : Membentuk keluarga sakinah

Setiap pasangan suami istri memiliki harapan yang baik dengan keluarganya tersebut yaitu keluarga yang sakinah atau harmonis. Dalam hal membentuk keluarga yang sakinah atau harmonis ini tentu ada beberapa yang harus dilakukan untuk membentuk keluarga sakinah tersebut. Adapun cara membentuk kelurga sakinah itu diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca juga : Fungsi Keluarga Bagi Seorang Anak

Pertama sebelum pernikahan itu dibentuk anda harus memastikan pilihan suami dan istri yang tepat dengan kriteria. Yaitu yang memiliki keagamaan yang baik atau keturunan yang baik. Ini penting karena awal untuk membentuk keluarga sakinah haruslah di awali oleh pasangan yang memang betul – betul baik.

Kedua memiliki pemahaman yang baik tentang pengertian keluarga itu sendiri. Memiliki ilmu tentang keluarga sangatlah menunjang untuk membentuk keluarga sakinah sehingga syarat yang kedua adalah setiap pasangan haruslah yang mengerti tentang keluarga itu sendiri

Ketiga menciptakan rasa mawaddah dan rahmah serta memiliki saling pengertian diantara mereka setiap pasangan suami istri tersebut. Dengan seperti ini akan muncul rasa cinta dan kasih sayang yang hanya semata – mata karena allah swt semata.

Keempat setiap pasangan haruslah saling menutupi setiap yang ada pada mereka masing – masing. Maksudnya yaitu harus saling mengetahui segala kekurangan dan kelebihan setiap pasangan sehingga dapat saling menutupi setiap kekurangan dengan kelebihan yang di miliki oleh suami ataupun istri itu sendiri.

Share