Persiapkan Diri dengan Mengetahui Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Persiapkan Diri dengan Mengetahui Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Saat lahirnya buah hati ke dunia merupakan saat-saat yang paling dinantikan oleh orangtua. Apalagi pada kehamilan pertama. Namun, moment tersebut juga menjadi moment yang paling mendebarkan.

Belum adanya pengalaman melahirkan seringkali membuat para calon orangtua khawatir.

Untuk itu, ketahuilah tanda tanda persalinan sudah dekat. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Anda para calon ibu bisa lebih tenang menghadapi persalinan.

Sementara bagi para calon ayah bisa menjadi suami siaga untuk senantiasa ada saat proses persalinan sudah dekat.

Selain mengetahui tanda-tandanya, Anda dan pasangan juga harus paham bagaimana tindakan yang tepat saat tanda-tanda tersebut terjadi.

Persiapkan Diri dengan Mengetahui Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Jadi, berhenti khawatir dan mari persiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan dengan mengatahui berbagai hal tentang persalinan. Kita bisa memulainya dengan mengetahui tanda tanda persalinan sudah dekat. Berikut ini adalah tanda-tandanya:

  • Susah tidur

Jika calon ibu yang memasuki masa kehamilan 9 bulan belakangan merasa susah tidur, maka bisa kita baca sebagai tanda bahwa waktu melahirkan sudah dekat.

  • Nyeri di punggung dan perut, disertai kram

Rasa nyeri ini mirip dengan nyeri saat Anda mengalami pra-menstruasi. Jika nyeri seperti itu yang Anda alami, maka tetap tenang dan siapkan diri untuk menghadapi proses persalinan.

  • Sering buang air kecil

Jika dalam usia kandungan 9 bulan Anda semakins sering buang air kecil, maka itu merupakan salah satu tanda masa persalinan sudah dekat. Tanda ini terjadi karena bayi sudah mulai turun ke panggul. Artinya, waktu bersaling bisa jadi terjadi beberapa minggu lagi.

  • Keluarnya lendir kental

Karena serviks semakin membesar, maka wajar saja lendir akan semakin sering keluar melalui vagina. Biasanya lendir keluar bersama bercak darah. Keluarnya lendir dan bercak darah termasuk tanda tanda persalinan sudah dekat, maka Anda tak perlu merasa takut.

  • Lebih mudah mengalami perubahan mood

Perubahan mood pada wanita menstruasi dan hamil memang sudah biasa. Namun, saat memasuki usia kehamilan tua dan perubahan mood semakin mudah terjadi, maka itu merupakan salah satu tanda masa persalinan segera tiba.

  • Keluarnya air ketuban

Nah, tanda ini tentu tanda paling mudah dikenali. Keluarnya air ketuban juga merupakan tanda paling dekat dengan proses persalinan. Karena biasanya pecahnya air ketuban akan disusul keluarnya bayi. Maka, lakukan penanganan dengan sigap jika tanda ini terjadi.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat mengalami berbagai tanda tersebut? Bagi calon ibu, beritahukan setiap mengalami tanda-tanda di atas.

Biarkan suami Anda tahu dan jika mereka belum paham bahwa berbagai hal tersebut merupakan tanda persalinan sudah dekat, maka jelaskanlah.

Kemudian, selalu pastikan bahwa alat komunikasi dekat dalam jangkauan Anda sehingga saat tanda terjadi Anda dan suami serta keluarga tidak di rumah, maka Anda bisa memberitahukannya lewat alat komunikasi. Bagi suami, selalu berikanlah perhatian dan tanyakan keadaan istri.

Kemudian pastikan alat komunikasi selalu aktif.

Jangan khawatir dalam menghadapi tanda tanda persalinan sudah dekat. Juga jangan lupa untuk mempersiapkan diri menjadi orangtua.

Anda bisa mengikuti SGM untuk mendapatkan berbagai info tentang parenting, sepertiĀ baby led weaning resep.

Selamat menunggu kehadiran buah hati dan menjadi orangtua terbaik baginya.

Share