5 Hal yang Mempengaruhi Psikologi Anak Saat Kecil

Psikologi anak saat kecil

5 Hal yang Mempengaruhi Psikologi Anak Saat Kecil

Pintarnulis.com – Setiap anak memiliki karakter atau sifat yang berbeda-beda, setiap karakter dan sifat ini terbentuk karena perkembanga psikologi anak saat kecil. Menghadapi anak dengan karakter dan sifat yang berbeda diperlukan cara pendekatan yang berbeda pula, sebagai orangtua kita tidak bisa memaksakan kehendak kepada anak namun orangtua juga harus belajar untuk mendengarkan dan menerima pendapat anak.

Psikologi anak saat kecil yang mempengaruhi karakter dan sifat anak juga mempengaruhi cara orangtua menghadapi anaknya. Beberapa tips untuk orangtua lakukan untuk memahami psikologi anak adalah:

  1. Pahami tipe emosional anak

Pahami tipe emosi anak dengan tidak selalu marah atau emosi jika anak melakukan kesalahan ataupun sedang kesal, berikan pengertian secara lembut dan perlahan cara ini akan membuat anak agar tidak selalu emosi dan emosinya tidak bertambah buruk.

  1. Peran aktif orangtua

Tidak hanya ibu yang yang bertugas memperhatikan anak namun menjadi tugas kedua orangtua. Luangkan waktu sengang anda bersama anak setiap hari dengan cara mengobrol sehingga anak akan merasa nyaman bercerita kepada orangtua.

  1. Dengarkan pendapat anak

Bukan hanya orangtua yang hanya ingin didengarkan oleh anak namun orangtua juga harus mulai mencoba untuk mendengar pendapat anak, dengarkan apa kemauan dan pendapat si anak dan berikan penjelasan setelahnya.

  1. Selalu ada untuk anak

Memantau perkembangan anak juga bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai aktivitasnya. Mengikuti kegiatan anak bukan berarti ibu harus mengikuti anak ke mana-mana namun tunjukan minat dan perhatian kepada aktivitasnya.

  1. Jangan menyerah

Kadang anak akan sulit untuk mendengarkan kritik dan saran, sebagai orangtua anda tidak boleh cepat menyerah tunjukan kepedulian anda kepada anak dan dampak akan setiap perbuatannya agar anak belajar akan konsekuensi dari perbuatannya.

Memperhatikan psikologi anak saat kecil bukan pekerjaan yang mudah salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan berkomunikasi dengan anak waktu yang paling pas untuk mengobrol adalah sore atau malam hari dengan ditemani secangkir Sariwangi untuk membuka pembicaraan.

Baca juga: Pentingnya Pelukan Orang Tua terhadap Anak

Share