Saham Instrumen Pasar Modal, Jakarta Stock Exchange

Saham Instrumen Pasar Modal, Jakarta Stock Exchange

Jakarta Stock Exchange – Menurut penelitian di sebuah perusahaan sekuritas, banyak orang di Indonesia yang melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang seperti untuk menjamin pendidikan anak serta mempertahankan gaya hidup ketika pensiun. Ternyata banyak diantara mereka cara melakukan investasi jangka panjang. Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih ini seperti Jakarta stock exchange. Banyak yang menganggap jika pasar modal adalah hal yang rumit serta terlalu canggih bahkan susah dilakukan karena memerlukan modal yang besar.

Sekilas Tentang Jakarta Stock Exchange

Sama seperti barang yang diperjual belikan. Jika di pasar kita melakukan perdagangan barang, namun di Jakarta Stock Exchange ini kita melakukan perdagangan yang berkaitan dengan surat berharga. Surat berharga ini bisa seperti saham, obligasi hingga derivative. Untuk saham, saham merupakan tanda yang menunjukkan Anda ikut kedalam kepemilikan sebuah perusahaan. saham ini adalah instrumen yang banyak dipilih oleh investor karena akan memberi keuntungan menarik.

Saham ini terdiri dari 2 macam, yaitu:

  1. Saham biasa. Diantara berbagai macam, surat berharga yang berada di bursa efek, saham adalah produk yang bisa disebut paling terkenal dan paling diketahui oleh masyarakat. Untuk perusahaan yang menerbitkan surat berharga, saham adalah bentuk kepemilikan yang banyak menarik dana dari masyarakat,
  2. Saham preference. Saham ini merupakan gabungan dari karakteristik saham biasa serta obligasi. Saham preference memiliki karakteristik yang mirip saham biasa yakni tidak selamanya memberi deviden untuk pemegang. Sehingga bila perusahaan mengalami kerugian, pemegang saham tidak memperoleh deviden seperti yang sebelumnya, selain itu saham ini juga mempunyai karakteristik seperti obligasi yakni memberi hasil tetap.

Memang, dari berbagai macam Jakarta stock exchange, saham adalah instrumen yang paling menggiurkan, walaupun tidak bisa dipungkiri jika saham juga menawarkan resiko yang besar. Anda mungkin sudah bisa membayangkan, jika Anda baru saja memulai investasi ini dan kemudian memilih sebuah perusahaan saja, ternyata perusahaan mengalami kebangkrutan. Sudah pasti Anda tidak akan memperoleh keuntungan, inilah yang harus Anda waspadai, agar Anda bisa lebih waspada, Anda bisa melihat IDN Financial.

 

Share