Tentang Finance, Akunting, dan Salah Kaprah Antara Keduanya

Tentang Finance, Akunting, dan Salah Kaprah Antara Keduanya

Indonesia Finance – Semua kegiatan ekonomi berdasarkan pada finance atau rangkaian tindakan yang berhubungan dengan masalah keuangan. Baik itu dalam hal uang sebagai sumber modal, penerimaannya, pengelolaannya, laporan, dan segalanya. Apa saja yang berhubungan dengan keuangan akan otomatis masuk sebagai salah satu bagian dari finance. Makanya, tugas dalam bidang keuangan di Indonesia finance sangatlah penting.

Seringkali, orang-orang yang berurusan dengan finance Indonesia ini disalahartikan sebagai seorang akuntan. Padahal, kedua hal tersebut sebenarnya berbeda. Memang, akuntan juga akan berurusan dengan keuangan, tapi dalam kapasitas yang berbeda dari finance. Untuk mudahnya, pikirkan seperti ini: akuntan adalah tentang administrasi dari keuangan (laporan, catatan transaksi, dll.), sementara finance adalah pengurusan masalah keuangan dalam cakupan yang lebih luas, termasuk dalam transaksi dan kas.

Perbedaan Antara Finance Dan Akunting

Untuk lebih jelasnya, mari lihat perbedaannya berikut ini:

  1. Akunting
  • Adalah mencatat dan mengelompokkan segala transaksi keuangan.
  • Tugasnya mengukur, mempersiapkan, menganalisa, dan menginterpretasi laporan keuangan, mengumpulkannya, dan menyajikan informasinya.
  • Memiliki tujuan untuk memantau operasional keuangan perusahaan dan urusan pajak.
  • Alat-alat yang dipakai adalah neraca, laporan untuk laba rugi di buku besar, laporan arus kas, dan deklarasi posisi.
  1. Finance
  • Melakukan manajemen yang efektif terhadap aset yang dimiliki dan kewajiban yang harus dilakukan, dan semua harus dilakukan produktif. Atau mudahnya, finance yang bertanggung jawab dengan proses untuk menerima dan mengeluarkan uang.
  • Tugasnya mengambil keputusan tentang isu modal kerja (ketersediaan, tingkat kredit, tentang strategi keuangan, pengelolaan arus kas, pegang uang tunai).
  • Finance berguna untuk meramalkan bagaimana kinerja bisnis perusahaan di masa depan.
  • Alat yang dipakai untuk melakukan tugas finance adalah analisis rasio, laporan kinerja, analisis resiko, pengembalian investasi, penentuan break even point, dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dan perbedaan antara Indonesia finance dengan akunting. Serupa tapi tak sama, dan bahkan kadang orang-orang yang ada di dalamnya pun bisa keliru dalam mengartikan. Meski ini lebih karena banyak orang-orang dalam kedua bidang ini yang saling tumpang tindih satu sama lain. Anda ingin tahu lebih dalam tentang finance? Anda bisa melihatnya di IDN Financials.

Share