Tips Aman Membeli Batu Pancawarna Garut

Tips Aman Membeli Batu Pancawarna Garut

Semakin maraknya batu pancawarna Garut di Indonesia memang semakin membuka sebuah peluang usaha bagi kita semua. Mungkin tidak hanya mereka yang menjual batu, akan tetapi untuk para pengrajin atau pun penambang juga merasakan betapa legitnya batu yang satu ini. Akan tetapi, karena adanya peluang yang besar ini terkadang memberi celah untuk pemain batu memanfaatkan ketidaktahuan konsumen. Pasti Anda juga sering mendengar banyaknya konsumen yang kecewa karena tertipu oleh sang penjual.

Tidak sedikit pula pembeli yang mengaku kecewa saat mengkonsultasikan batu pancawarna dari Garut miliknya pada sang ahli. Banyak dari mereka yang tertipu dengan berbagai macam atau jenis batu yang telah ada. Oknum penjual ini seringnya melakukan berbagai macam cara agar barang yang dijualnya cepat laku. Ada oknum yang memberikan atau menyebut bila jenis batunya mempunyai berbagai kelebihan.

hati-Hati Tertipu Membeli Batu Akik Yang Palsu!

Bila Anda ingin membeli batu yang asli, berikut tips yang bisa Anda lakukan. Antara lain :

  1. Perhatikan ciri batu yang asli. Saat Anda ingin membeli, tentu saja Anda sudah mengetahui ciri dari batu tersebut. Ada banyak sekali ciri umum yang bisa Anda jadikan acuan untuk membedakan tingkat keaslian batu. Sebelum memutuskan membeli, perhatikan ciri fisik yang mencolok,
  2. Perhatikan tingkat kejernihan batu. Batu yang bagus mempunyai tingkat kecerahan atau pun kejernihan yang begitu tinggi di dalamnya. Tekstur hingga warna yang mengkilap pun juga mempengaruhi,
  3. Warna batu. Di dunia batu, warna sebuah akik juga berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin unik dan bagus warna dari batu, akan mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Jika Anda ingin membeli batu, perhatikan tingkat kedalaman warna yang ada di dalam batu.

Biasanya untuk batu pancawarna Garut yang mempunyai harga fantastis, memiliki sertifikat keaslian batu. Apalagi untuk sebuah batu yang bernilai tinggi, ia mempunyai sertifikasi agar menunjukkan keaslian. Di dalam sertifikat seringnya berisikan nomor seri, nomor identitas, berat dari batu, warna, hingga stempel resmi dari perusahaan yang membuat bentuk tersebut. Jadi, jangan sampai Anda tertipu.

Share