Tips Mengelola Keuangan Keluarga Agar Lebih Sehat

Tips Mengelola Keuangan

Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Tips Mengelola Keuangan Keluarga Agar Lebih Sehat

Masalah yang sering dihadapi oleh sebagian besar keluarga adalah masalah keuangan terutama pada awal pernikahan dan telah memiliki seorang anak yang memiliki banyak kebutuhan ekstra sehingga keuangan menjadi morat marit. Masalah keuangan bukan semata-mata disebabkan oleh pendapatan yang terlalu kecil dibandingkan dengan pengeluaran tiap bulan, tetapi cara pengelolaan keuangan yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa cara mengelola keuangan keluarga yang tepat:

  1. Memahami pengeluaran pokok bulanan keluarga

Pengeluaran pokok yang wajib dibayar setiap bulan adalah tagihan listrik, belanja bahan bahan pokok, telepon, bayar sekolah, dan masih banyak lainnya. Selain itu kalkulasi berapa banyak tanggungan yang dimiliki keluarga seperti tanggungan pinjaman bank, cicilan rumah, hutang kartu kredit, cicilan motor atau mobil, dan lainnya.

  1. Menyusun rencana anggaran keluarga

Jika semua pengeluaran pokok telah didaftar dan dikalkulasi maka langkah selanjutnya adalah menyusun rencana anggaran perbulan. Rencana anggaran perbulan harus dibuat dengan realistis dan pengeluaran tidak boleh melebihi pendapatan serta sisakan untuk ditabung meskipun jumlahnya tidak terlalu besar. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, utamakan kebutuhan terlebih dahulu agar pengeluaran lebih baik.

  1. Hindari kebiasaan berhutang

Saat ini banyak sekali jasa layanan kredit yang memudahkan orang untuk berbelanja semua barang yang meka inginkan sehingga mendorong untuk hidup konsumtif. Hutang akan membebani pengeluaran pokok keuangan keluarga dan bahkan akan merusak tatanan keuangan yang sehat.

  1. Menghindari kebiasaan konsumtif

Sebagian besar orang ingin memiliki semua barang yang mereka inginkan meskipun tidak terlalu dibutuhkan. Hal inilah yang dapat mengacaukan keuaangan keluarga dan menjadikan hidup lebih boros. Sebaiknya kurangi kebiasaan konsumtif dan gunakan untuk keperluan lain yang sangat mendesak.

  1. Menabung

Hal penting yang harus dilakukan untuk mengelola keuangan kelaurga yang sehat adalah dengan menabung. Tiap bulan sisihkan sebagian uang untuk ditabung dan bertujuan untuk jangka panjang seperti untuk pendidikan anak, untuk membeli rumah impian, atau untuk berinvestasi masa depan. Jadi sebaiknya tabungan ini pisahkan dengan rekening yang biasa digunakan untuk sehari-hari agar lebih aman.

Itulah beberapa tips untuk mengelola keuangan keluarga agar lebih sehat dan dapat berinvestasi untuk masa depan keluarga tercinta.

Baca juga: Mari Wujudkan Kebahagiaan Keluarga Dengan Suasana Higienis Dengan Sunlight

Share